Nikmatnya Sajian Nasi Kelapa Khas Ambon

“Desember 2016”
Perjalanan usang di penghujung akhir tahun 2016 sedang berada di Ambon,Maluku.Usang bersama Muklas dan Sena berada di Ambon kurang lebih sekitar 2 bulan.Sempat ikut berpartisipasi dalam kegiatan penanaman pohon dan donasi buku di Pulau seram,serta melakukan pendakian bersama ke Gunung Binaiya.Lalu selanjutnya hari hari kami banyak di habiskan di Ambon.
Ada salah satu makanan favorit usang diantara banyaknya kuliner yang ada di ambon.Salah satu nya adalah Nasi Kelapa.Pasti kalian sudah tidak asing dengan nama kuliner khas satu ini.ya nasi kelapa mirip dengan nasi Uduk yang berada di jawa atau di tempat lainya.

untuk dari bahan dasar pembuatan hampir sama,tapi ada yang membedakanya yaitu dalam proses pembuatanya yaitu menggunakan sambal kelapa.Sepertinya untuk membuat Nasi Kelapa susah suah gampang,ada tehnik khusus untuk bisa membuat Nasi Kelapa khas Ambon.
Nasi Kelapa berkolaborasi dengan colo colo dan ikan bakar
Cara Pembuatan : Nasi dikukus setengah matang lalu disirami santan pekat dan kemudian dikukus kembali. Nasi kelapa biasa disajikan dengan berbagai lauk seperti ikan bakar, sambal colo-colo, ikan asin, telur asin, dan gorengan jagung. Namun pendamping yang wajib adalah sejenis serundeng khas yang biasa disebut sambal kelapa.
perpaduan ikan dan nasi kelapa

Namun waktu lalu,usang menikmati Nasi Kelapa dengan Colo colo dan Ikan bakar.Perpaduan yang komplit masuk mengisi mulut.Tekstur nasi yang lembut di imbangi dengan kuah sambal colo colo yang asam,asin dan pedas serta ikan segar membuat siapa saja akan terus melahap bahkan bisa tambah lagi.haha ketahuan kalau rakus
menikmati hidangan bersama teman teman Ambon
Waktu itu usang menikmati Nasi Kelapa di daerah Batu Merah yang dimiliki oleh keluarga sahabat disana yang bernama abang Nyonyo bersama teman teman Ambon.Sajian makan malam menjadi semakin nikmat dalam suasana keakraban bersama mereka.Dan Ambon menjadi salah satu daerah untuk usang mencintai kuliner daerah dan memberanikan diri untuk mencoba makan ikan.(karena dulunya takut makan ikan) jika kalian berkunjung ke Ambon,sempatkanlah untuk mencoba nasi kelapa keluarga abang nyonyo.Dijamin rasa dan harganya bakal cocok untuk para pejalan yang suka kulineran di setiap daerah.
Jadi siapa yang tertarik untuk mencoba nya? Yuk ke Ambon

Related Posts

12 Responses

Leave a Reply