asyik $84 pertama menjadi contributor shutterstock

Tahun – tahun dimana telah memantapkan diri berhenti dari pekerjaan, aku mulai menekuni pekerjaan serabutan atau kerennya freelance, salah satunya menjadi contributor shutterstock. Banyak kisah perjalanan dan petualangan di tuangkan dalam rumah berjalan ranselusang.com ini.
Namun sekarang aku mencoba membagi pengalamanku selama beberapa bulan terakhir ini. Mulai mencoba menekuni membuat vector secara otodidak untuk di coba ke shutterstock. Pun foto – foto hasil perjalananku selama mengunjungi berbagai tempat wisata di Indonesia tak luput mengisi galleryku.
Pada awalnya aku mengetahui www.shutterstock.com dari banner iklan yang hampir mengisi ruang di blog – blog yang aku kunjungi. Tapi antara ada rasa mengganggu dan penasaran bersatu dan membuatku untuk mencari tau lebih jauh. Jika kalian ingin menjadi contributor bisa cek link disini.
Biasanya orang – orang begitu rajin membuat vector sekitar 10 perhari bahkan lebih untuk memaksimalkan penghasilannya. Tapi karena aku otodidak dan tidak diberkati dengan bakat, jadinya aku hanya bias membuat sekitar 430 vector sejauh 9 bulan ini. Di tambah sekitar 900 foto dan 30 footage video dari hasil perjalananku telah di approve oleh pihak shutterstock.
Pasti kalian mengira aku telah mendulang banyak pundi – pundi dollar bukan ? Namun sekitar 10 bulan ini aku baru bisa merasakan pendapatanku mencapai angka $84.20 dari shutterstock. Pendapatan ini  masih ku tunda untuk payoutnya hingga angka $100 nantinya.


https://www.shutterstock.com/g/ranselusang

Mungkin aku terlalu malas untuk tetap konsisten upload setiap hari yang membuat earningku tetap belum menyentuh angka 3 digit. Mungkin juga apa yang telah kubuat tidak terlalu laku di pasaran. Mungkin saja, semua orang percaya akan misteriusnya shutterstock. Terkadang dengan vector atau foto yang menurutku tidak bakal laku, malah masuk menduduki di top 5 penjualanku. Sungguh ajaib bukan?.
Ya menurutku itulah tantangan bermain menjadi contributor Shutterstock. Prinsipnya kalo kita tidak konsisten menambah gallery kita dengan dengan kuantitas dan kualitas, sepertinya untuk berharap bisa payout tiap bulan bisa jadi hanya bisa menjadi angan – angan saja.
Pada awalnya aku mengetahui shutterstock dari banner iklan yang hampir mengisi ruang di blog – blog yang aku kunjungi. Tapi antara ada rasa mengganggu dan penasaran bersatu dan membuatku untuk mencari tau lebih jauh.
Seperti ini gallery Shutterstock ku yang sederhana :

Berapa sih penghasilan dari Shutterstock?
Seperti sedari awal, aku hanya bermodalkan otodidak yang mampu membuat vector sederhana seperti wallpaper atau beberapa  logo monogram yang cukup bisa di buat oleh siapa saja. Namun dari pengalamanku pribadi, Vector penyumbang ke dua terbanyak pendapatanku setelah beberapa waktu lalu footage droneku terjual di angka $23.70 dan sisanya poto melengkapi pendapatanku.
Namun aku yakin kalian pasti lebih baik dariku yang pemalas ini untuk soal pendapatan. Jadi jangan meniriku ya, kalo kalian ingin earning bisa payout tiap bulan.
Dari setiap foto atau vector yang di download bagi pelanggan shutterstock atau subscribe adalah $0,25 perdownloadnya. Bagi mereka yang download on-demand itu tidak berlangganan dan kita akan mendapatkan $1.88 perdownloadnya. Nah jika Single & Other atau subscriber sudah berlangganan tapi jumlah kuotanya telah habis, kita akan mendapatkan $0,58 perdownloadnya.
Terus yang paling enak dan pernah aku alami sendiri itu kalua Extended License. Poto kita dicetak lebih dari 500.000 exsemplar, dipakai di web atau dipakai untuk media TV akan mendapatkan $35. Dan untuk penjualan dari footage video adalah %20 dari setiap penjualannya. Tentunya jika pendapatan kalian bisa terus meningkat, level dari Pay Per downloadnya atau PPD akan meningkat pada level total penjualan $500, $3.000 dan $10.000.


Untuk pembayaran minimal adalah $35 dan akan dihitung pada akhir bulan. Jika pendapatan kalian belum mencukupi di $35, maka akan di tambahkan pada bulan berikutnya. Untuk masalah pembayaran kalian jangan khawatir, jika saldo mencukupi, nanti akan otomatis dibayar ke account kalian yang sudah di daftarkan. Jadi tidak perlu lagi untuk request payment. 
Kalian bisa menggunakan Paypal, Payoneer, Skrill, dan Bank Transfer( biaya transfernya cukup mahal). Uang yang sudah mencukupi di akhir bulan akan dibayarkan oleh shutterstock maksimal tanggal 7 bulan berikutnya dan paling lambat pada tanggal 15. Banyak para contributor dan aku pun menggunakan Paypal karena sekarang verifikasi Paypal sekarang menggunakan Bank local pun sudah bisa.
Ini salah satu vector dan photo saya yang laris di Shutterstock
https://www.shutterstock.com/image-vector/sunwave-cosmos-synthwave-cyberpunk-sun-logotype-1304081044
https://www.shutterstock.com/image-photo/pink-beach-komodo-national-park-fores-1301665123?src=dOiM5v7q7OqH-WQ88NO0Bw-1-1



Ya kurang lebihnya seperti itu pengalamanku selama menjadi Contributor Shutterstock. Semoga di artikel selanjutnya bisa menulis pendapatan di angka $500 atau $1000 mungkin. Amin.
Sekian dan terima kasih
Semoga bermanfaat 
.